Senin, 26 Sep 2022
  • Kepada Alumni SMK Negeri 1 Singkawang Tahun Kelulusan 2022, Untuk Cap Tiga Jari Telah Dijadwalkan

Sejarah Singkat

SEJARAH SINGKAT STMP, STM SMK NEGERI 1 SINGKAWANG

Lembaga  pendidikan  merupakan  bagian  penting  dari  perkembangan  suatu daerah pada umumnya dan Singkawang pada khususnya, baik itu pendidikan formal maupun informal.

Singkawang pada awalnya sebagai daerah administratif dan sekaligus sebagai Ibu Kota Kabupaten Sambas yang sudah pasti membutuhkan tenaga -tenaga terdidik dan terampil. Untuk memenuhi hal tersebut diperlukanlah sebuah lembaga pendidikan yang nantinya dapat melahirkan tenaga-tenaga terdidik dan terampil.

Untuk mewujudkan hal tersebut muncullah desakan dari pihak-pihak yang peduli dengan pendidikan di kota Singkawang untuk mendirikan sekolah.

Awal tahun 1976 didirikanlah sekolah teknik yang terletak di Jalan Kepol Mahmud Singkawang yang dipimpin oleh pemerhati pendidikan dari etnis Tiong Hoa, dengan nama Sekolah  Teknik  dengan  sarana  dan  prasarana  seadanya. Ternyata, dengan  berdirinya sekolah teknik memberikan respon positif dari masyarakat sekitar.

Mengantisipasi banyaknya peminat sekolah teknik pada watu itu, sehingga sekolah tersebut dipindah di Jalan Pelita (sekarang kantor BAPEDA Kota Singkawang), dengan nama STMP (Sekolah Teknik Menengah Pembangunan) yang dipimpin oleh Bapak Ibrahim HD dengan Jurusan :

  1. Bangunan
  2. Auto Diesel

Sekolah Teknik Pembangunan pada awalnya merupakan sekolah swasta yang didirikan oleh warga  peduli/pemerhati  pendidikan  dan  selanjutnya  berkembang menjadi sekolah negeri dengan nama STM N Singkawang, dan sebagai Kepala Sekolah Bapak HALFAWI, HM Bsc, dengan jurusan:

  1. Bangunan
  2. Auto Diesel
  3. Listrik

Bersamaan dengan perkembangan zaman dan pendidikan, STMN Singkawang semakin diminati tidak hanya oleh warga Kota Singkawang, bahkan warga didikan dari daerah/kabupaten lain yang ada di Kalimantan Barat pada waktu itu. Walaupun pada waktu itu fasilitas pendidikan masih tidak memadai (apa adanya)

Tahun 1980 STMN Singkawang mendapat bantuan dari ADB untuk pengembangan prasarana dan sarana pembelajaran. Melalui bantuan tersebut, keberadaan STMN Singkawang pada waktu itu sangat terkenal tidak hanya di Kota Singkawang, bahkan di daerah-daerah lain di Kalimantan Barat.

Seiring berjalannya waktu, STMN Singkawang banyak menghasilkan tamatan- tamatan yang terdidik dan terampil, salah satunya adalah Mayjen Armyn Alianjang.

Tahun 1996 nama STMN Singkawang berubah menjadi SMKN I Singkawang, hingga sekarang.

SMKN I Singkawang yang merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang sudah lama berdiri, banyak   mengalami berbagai proses perubahan dari kurikulum pembelajaran, tenaga pendidik sampai pada pergantian pimpinan sekolah.

Berikut Para Kepala Sekolah yang pernah memimpin SMK Negeri 1 Singkawang :

  1. Ibrahim HD
  2. Halfawi HM. Bsc ( 1978 S.D 1993)
  3. Djarminto ( 1993 s.d 1995 )
  4. Ken Batiusna Daeng Bakok ( 1995 s. d 1998)
  5. Nur Hindrawan Ramadhani ( 1998 s.d 2004 )
  6. Ayong ( 2004 s.d 2014 )
  7. Najimi, S.Pd ( 2015 s.d 2021)
  8. Mariman, S.Pd.Mat (Plt. 2021 – 2022)
  9. H. Aprizal, S.Pd, M.Pd (2022 – …….)

Pada tahun 2020 SMKN 1 Singkawang dipercaya menjadi bagian dari proses membentuk SMK Pusat Keunggulan, yang berawal dari ditetapkannya SMKN 1 Singkawang sebagai Center of Excellence (CoE). Sebagai bentuk CoE, SMKN 1 Singkawang mendapat bantuan dana dari Kemendikbud RI saat itu. Dananya untuk pembangunan fisik membuat sarana dan prasana penunjang pembelajaran praktik. Seiring waktu, berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Nomor : 29/D/DM/2021 tanggal 18 Juni 2021 SMKN 1 Singkawang ditetapkan menjadi bagian dari SMK Pusat Keunggulan.

Pada tanggal 10 November 2021 dalam acara Focus Group Discussion (FGD) bersama Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA), SMKN 1 Singkawang telah membangun kesapahaman dengan pihak IDUKA dengan membuat nota kesepahaman (MoU) dan juga nota persetujuan (MoA) dengan pihak IDUKA. Diantaranya : PT PLN (Persero) UP3 Singkawang, PT Bhakti Karya Mandiri, PT Basyir Karya Utama, PT Bintang Utama Jaya Makmur (Samsung), PT Pakunam Tirtajaya Perkasa (Maskua), CV Fijar Konstruksi, Bengkel Bong Putra, LKP Dharma Komputer, CV Bigdeddy, PT PLN (Persero) UPDK Singkawang. Selain itu SMK Negeri 1 Singkawang telah pula bermitra untuk tempat praktik kerja industri (magang) diantatanya dengan PT. Anzon, Dayang Resort, Computer Education Center Vyctoria, Yamaha, Telkomsel, PT. Patiware, PT. Mas, PT SSA, dan masih banyak lagi IDUKA lainnya.

SMKN   1   Singkawang      saat   ini   menggunakan   Kurikulum  2013  (revisi) dan Kurikukum SMK Pusat Keunggulan (Dimulai sejak tahun pelajaran 2021/2022 di kelas X), adapun  kompetensi keahlian yang ada saat ini sebagai berikut :

  1. Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP)
  2. Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB)
  3. Teknik Audio Video (TAV)
  4. Teknik Mekatronika (TMK)
  5. Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)
  6. Teknik Pemesinan (TPM)
  7. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  8. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  9. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah ada tidaklah mudah. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya rintangan/tantangan yang di hadapi. Rintangan/tantangan tersebut berupa tantangan internal dan tantangan eksternal.

Tantangan internal meliputi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana sekolah, dan manajemen sekolah, serta faktor -faktor pendukung lainnya yang  secara  aktif  terus-menerus  mengalami  perubahan  untuk  menyesuaikan perkembangan pendidikan.

Sedangkan tantangan eksternal jauh lebih berat lagi, terutama dengan perkembangan teknologi semakin pesat, yaitu tidak adanya batas ruang dan waktu. Informasi dapat diperoleh dengan waktu yang begitu singkat, yang mengharuskan seluruh sivitas sekolah untuk mengikuti perkembangan teknologi tersebut, terlebih lagi adanya pandemi Covid-19 menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran, khususnya pemanfaatan teknologi informasi secara optimal.

Dengan demikian sebagai lembaga pendidikan yang diberikan amanah sesuai tujuan pendidikan nasional, tentunya seluruh komponen harus berperan dan memberikan dorongan dalam mengikuti perkembangan pendidikan. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada dalam dunia pendidikan. Sehingga sekolah dapat menghasilkan calon-calon tenaga terampil yang dapat menghadapi tantangan-tantangan yang ada pada dunia kerja.

Pada tanggal 12 Desember 2021 Kepala SMK Negeri 1 Singkawang berpulang ke rahmatullah, semoga (Rahimahullah) H. Najimi, S.Pd mendapatkan ampunan dan amal jariah yang tak berhingga atas pengabdian selama hidupnya..Aamiin.

Perjuangan SMKN 1 Singkawang dalam proses menjadi SMK Pusat Keunggulan terus dilanjutkan oleh  Plt. Kepala SMK Negeri 1 Singkawang Bpk. Mariman, S.Pd.Mat dengan dukugan warga SMK Negeri 1 Singkawang agar visi dan misi menciptakan peserta didik berkualitas dan menjadi subjek untuk mengisi kebutuhan IDUKA. Dengan mengusung mewujudkan kualitas lulusan yang bisa bekerja, melanjutkan pendidikan dan wirausaha (BMW). Caranya dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas sekolah, guru, dan peserta didik agar dapat Link dan Match dengan IDUKA.

Kepada para alumni sangat diharapkan kerjasamanya untuk memperbaharui data pribadiya sebagai basis data untuk Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 1 Singkawang sehingga dapat dipetakan status para alumni setelah tamat. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab bersama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kebekerjaan para alumni SMK Negeri 1 Singkawang.

Silahkan kepada para alumni untuk memperbaharui datanya pada alamat https://bit.ly/smkn1singkawang

Terima kasih, semoga Sukses. SMK Bisa !!!

 

(Sumber : Manajemen Sekolah dan Alumni SMK Negeri 1 Singkawang)

KELUAR