Sabtu, 22 Jan 2022
  • Website Masih Tahap Pembenahan

Sejarah Singkat

SEJARAH SINGKAT STMP, STM SMK NEGERI 1 SINGKAWANG

Lembaga pendidikan merupakan bagian penting dari perkembangan sebuah daerah baik itu pendidikan format, informal dan lain sebagainya .

Singkawang pada awalnya sebagai sebuah kota administratif dan sekaligus sebagai ibu kota kabupaten Sambas sudah pasti membutuhkan tenaga tenaga yang terdidik dan terampil, sebagaimana sejarah pendidiran sekolah pendidikan formal dan informal yang ada di kalimantan Barat khususnya di Singkawang pendidirian sebuah sekolah tidak terlepas dari peran dari orang-orang yang sangat peduli dengan dunia pendidikan.

Salah satu sekolah yang didirikan di kota singkawang adalah STMP yaitu sekolah Teknik Menengah Pembangunan Singkawang yang tempat belajarnya di Jl. Pelita yang sekarang di tempati Kantor BAPEDA Kota Singkawang dengan jurusan yang dipimpin oleh Bapak Ibrahim HD dengan jurusan :

  1. Bangunan
  2. Auto Diesel

Sekolah Teknik Pembangunan pada awalnya merupakan sekolah swasta yang didirikan oleh warga pemerhati pendidikan yang pada perkembangan selanjutnya menjadi sekolah negeri dengan Kepala Sekolah Bpk. HALFAWI. HM. Bsc

Dengan jurusan :

  1. Bangunan
  2. Auto Diesel
  3. Listrik

Dengan pesatnya perkembangan STM dan banyaknya peminat dari berbagai kabupaten pada saat itu yang tempat belajarnya dengan kondisi apa adanya. Pada tahun 1980 STM mendapat bantuan dari ADB dalam pengembangan prasarana dan sarana pembelajaran. Pada masa pembangunan fisik proses pembelajaran terus berlanjut dengan menghasilkan tamatan-tamatan yang dapat memenuhi tenaga terampil tingkat menengah baik yang ada di Kota singkawang maupun Provinsi Kalimantan Barat pada masa itu.

Banyak para Alumni yang menduduki jabatan dan posisi dalam permerintahan, salah satunya Mayjen Armyn Alianjang. Sebagai sebuah lembaga pendidikan formal dan telah lama tumbuh, STM pun mengalami berbagai proses dari mulai tenaga pendidik, Pimpinan Sekolah dan kurikulum pembelajaran, di urut dari awal adapun pimpinan SMK (STM) adalah sebagai berkut:

  1. Ibrahim HD
  2. HM. Bsc ( 1978 S.D 1993)
  3. Djarminto ( 1993 s.d 1995 )
  4. Ken Batiusna ( 1995 s. d 1998)
  5. Drs Nur Hindrawan Ramadhani ( 1998 s.d 2004 )
  6. Ayong ( 2004 s.d 2014 )
  7. S.Pd ( 2015 s.d 2021)
  8. Mariman, S.Pd.Mat (Plt. 2021…….)

Dari semua pimpinan yang pernah memimpin SMK (STM) sudah banyak prestasi yang dicapai baik bidang akedemi maupun non akedemik, tentunya semua yang telah dicapai oleh SMK Negeri 1 Singkawang dari awal perjalannnya sampai saat ini merupakan kerja sama yang solid semua komponen yang ada di SMKN 1 Singkawang.

Dan yang sangat memberikan motivasi sekaligus sebagai tantangan SMKN 1 Singkawang dinobatkan sebagai juara 1 SEKOLAH BERPRESTASI Kota Singkawang yang artinya SMKN 1 Singkawang diberikan tantangan yang cukup berat dengan pemberian predikat sebagai Sekolah yang berprestasi. Hal ini akan menjadi ringan apabila semua itu dapat diaplikasikan oleh semua komponen yang ada di sekolah yang artinya semua unsur sekolah dapat melaksanakan sesuai dengan TUPOKSI masing-masing dan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

Dalam perkembangannya sampai saat ini, SMKN1 Singkawang menggunakan Kurikulum PK (Pusat Keunggulan) dan sebagian masih menggunakan Kurikulum 2013 ( kelas XI dan Kelas XII TP. 2021/2022) dengan Konsentrasi keahlian sebagai berikut :

  1. Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB)
  2. Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti (TBKP)
  3. Teknik Audio Video (TAV)
  4. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  5. Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)
  6. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  7. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  8. Teknik Mekatronika (TMK)
  9. Teknik Pemasinan (TP)

Sebagai seorang pemimpin sudah sepantasnya mempunyai mimpi-mimpi yang indah tentang insitusi yang di pimpinnya. Untuk mencapai mimpi-mimpi itu tidaklah mudah tentunya ada rintangan yang berupa :

  1. Tantangan Internal
  2. Tantangan Eksternal

Tantangan internal yang meliputi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana sekolah Manajemen sekolah dan tetunya komunitas yang ada disekolah sebagai komponen yang aktif secara terus menerus mengalami perubahan yang statis sesuai dengan perubahan-perubahan yang ada. Sedangkan tantangan eksternal jauh lebih berat lagi terutama dengan perkembangan teknologi yang tidak memberikan ruang batas dan waktu yang semua informasi dapat dilihat dengan waktu yang sangat singkat dan berada pada setiap individu.

Dengan Demikian sebagai seorang pemimpin yang diberikan amanah tentunya ikut berlari dengan cepatnya perkembangan dan kebutuhan-kebutuhan yang ada pada dunia pendidikan itu sendiri.

(Sumber : Kepala Sekolah aktif dan Alumni SMK Negeri 1 Singkawang)

KELUAR