Senin, 20 Mei 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

IHT PENGELOLAAN KINERJA GURU DAN AKSI NYATA MODUL PELATIHAN MANDIRI DI PMM TAHUN 2024

Singkawang, 6 Mei 2024 SMKN 1 Singkawang melaksanakan kegiatan IHT  yang pertama tahun 2024 sesuai dengan edaran dari dinas Pendidikan Dan kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, kegiatan dilaksanakan di Aula dimulai pada pukul 08. 00 wib s.d Selesai pada tanggal 6 s.d 8 & 10 Mei 2024, adapun susunan acara pada kegiatan IHT sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya & Mars SMK
  3. Laporan Ketua Panitia IHT
  4. Sambutan kepala sekolah
  5. Sambutan pengawas dinas Pendidikan & Kebudayaan Kalimantan Barat Sekaligus membuka acara IHT
  6. Pembacaan doa
  7. Penutup

 

Sambutan Pertama oleh ketua panitia Ibu Ria Aprillia, S.Pd menyampaikan bahwa tujuan dari IHT ini agar guru memahami kurikulum merdeka dengan baik terutama dalam hal Pengelolaan Kinerja karena tujuan Kinerja adalah ujuan utama dari pengelolaan kinerja adalah untuk memastikan bahwa sasaran dan tujuan organisasi tercapai dengan efektif dan efisien.
Dalam kesempatan yang sama  Kepala Sekolah Bapak Yudi Firman Santosa, ST.,M.T.I menyampaikan  bahwa Pengelolaan kinerja guru adalah suatu proses yang sistematis untuk menilai, mengembangkan, dan meningkatkan kinerja guru. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa guru memiliki kompetensi dan kemampuan yang dibutuhkan untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas kepada siswanya.
Kepala Sekolah juga  menguraikan daftar langkah PMM yang akan dilakukan guru dan kepala sekolah pada tahap pelaksanaan kinerja ini.
  • Langkah 1. Persiapan Observasi. …
  • Langkah 2. Observasi Kinerja. …
  • Langkah 3. Diskusi Tindak Lanjut. …
  • Langkah 4. Upaya Tindak Lanjut. …
  • Langkah 5. Refleksi Tindak Lanjut.

Senada dengan itu pengawas pembina ibu Dra. Betty Putranti, M.Pd dalam kesempatan sama dalam sambutan beliau menyebutkan  Perilisan fitur Pengelolaan Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar akan dapat membantu guru dalam meningkatkan kinerjanya, sehingga dampaknya terasa nyata pada pembelajaran dan capaian belajar murid tanpa terbebani administrasi

Pengelolaan kinerja guru di PMM telah disederhanakan menjadi tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Hal ini menciptakan proses yang lebih terkonsentrasi dan terarah, meminimalkan beban kompleksitas yang menghambat guru.

Indikator indikator kinerja guru

Adapun yang menjadi indikator kinerja guru pada penelitian ini adalah (1) kemampuan menyusun rencana pembelajaran, (2) kemampuan melaksanakan pembelajaran, (3) kemampuan mengadakan hubungan antar pribadi, (4) kemampuan melaksanakan penelitian hasil belajar, (5) kemampuan melaksanakan pengayaan.

Penulis, Sumiati

Editor : Jalaluddin

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR