Sabtu, 13 Jul 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

Jurnalistik Berperan Penting Bagi Sekolah

Sebagai Sekolah menengah kejuruan yang banyak memiliki jurusan tentunya sangat memerlukan peran dari jurnalistik agar program sekolah dapat dikenalkan diluar sekolah, Peran Jurnalistik sangat berperan  sangat aktif dalam mempublikasikan segala karya siswa di sekolah dan memberikan informasi dari luar, dengan harapan tetap dijaga independensi dan akurasinya.  selain itu juga jurnalistik bermanfaat sebagai edukator masyarakat atau simplenya sebagai pendidik. Dalam hal ini, jurnalistik memiliki tanggung jawab untuk menyajikan informasi yang memiliki nilai edukatif dan memberikan manfaat, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan kualitas hidup bagi masyarakat. manfaat jurnalistik di sekolah sangat bermanfaat untuk menambah wawasan siswa serta menyaalurkan bakat siswa dalam pendalaman ilmu kejurnalistikan dengan wadah ektrakurikuler.  Jurnalistik Ekstrakurikuler jurnalistik merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi diri melalui suatu karya, baik tulisan maupun karya yang lain.

Selain itu juga Jurnalistik akan meningkatkan literasi bagi siswa agar mampu dalam berinteraksi sosial.  Ekstrakurikuler jurnaistik yang ada di SMKN 1 Singkawang merupakan kegiata ekstra pertama di buka perdana oleh kepala Sekolah Bapak Yudi Firman Sentosa, S.T.,M.T.I berbagai dukungan serta Apresiasi disampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Baik dari internal maupun ekternal terutama Ketua Aliansi Jurnalis Singkawang (AJUSI) Hari Kurnithana. Ketua Aliansi Jurnalis Singkawang, Bengkayang dan Sambas (AWA SI BEBAS) , Ibnu Azan. Dan Dari Dinas Kominfo Kota Singkawang Arfianshah. kehadrian mereka sebagai narasumber menjadi kekuatan sendiri bagi jurnalistik yang ada di SMKN 1 Singkawang.

Sebagai Ekstrakurikuler perdana tentunya banyak kekurangan dan terus belajar dari semua pihak, dengan kegiatan pelatihan Jurnalistik ini diharapkan tim jurnlistik SMKN 1 Singkawang mampu dalam menghadapi tantangan di masa akan datang .

Untuk mendukung kegiatan jurnalistik saat ini ada beberapa peraltan yag tersedia diantaranya adalah  Kamera DSLR 2 unit, Drone, Laptop spesifikasi memadai ASUS ROG. tim tetap berkerja solid yang bertanggung jawab setiap tugas yang diberikan.

Harapan ke depan tim jurnalistik dapat mencetak buletin sendiri karena salah satu unsur aktivitas Aekstrakurikuler jurnalistik dalam pembinaan ini seperti meliput berita yang ada di lapangan, menyususun berita yang akan diterbitkan di majalah, dan mengedit hasil berita yang didapatkan. beberapa tugas jurnalistik di sekolah diantaranya adalah

  • Mengumpulkan Informasi. Tugas utama seorang jurnalis adalah mengumpulkan informasi yang akurat dan relevan.
  • Menulis dan Mengedit Berita. …
  • Melakukan Wawancara. …
  • Meliput Peristiwa. …
  • Kemampuan Menulis. …
  • Keterampilan Komunikasi. …
  • Keterampilan Riset. …
  • Wawancara.

 

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR