Rabu, 17 Apr 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

Osis SMKN 1 Singkawang Berbagi

Bulan Ramadhan sangat dinantikan bagi umat Islam pada bulan ini umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan sehingga kita melihat di mana mana banyak orang yang berbagi. banyak dalil yang menyebutkan keutamaan berbagi kepada saudara yang membutuhkan seperti yang dijelaskan dalam Hadis Nabi Muhammad Saw Keutamaan sedekah di bulan Ramadan yang utama adalah menghapus dosa sebagaimana tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi. Dalam hadis tersebut, sedekah dapat menghapus dosa seperti air yang memadamkan api. Bersedekah dengan ikhlas merupakan amal baik yang diridhai oleh Allah.  dari dasar inilah SMKN 1 Singkawang yang di fasilitasi oleh Organisasi Intra Sekolah (OSIS) membuat program berbagi kegiatan ini rutin di laksanakan setiap tahunnya. antusias orang tua siswa sangat tinggi untuk mendukung kegiatan ini, kami selaku pengurus Osis  berterima kasih banyak kepada pihak sekolah, Orang Tua wali murid serta penerima bantuan yang menyukseskan program ini.

semoga dengan program ini semua pihak yang terlibat mendapatkan keutamaan di bulan Ramadhan ada beberapa keutamaan sedekah di Bulan Ramadhan

Surat Al-Baqarah ayat 271 bukan satu-satunya dasar hukum yang menyatakan keutamaan sedekah di bulan Ramadan.

Pentingnya sedekah di bulan Ramadan tercantum pada beberapa ayat lain dalam Al-Quran. Agar tidak bingung memahaminya, cek dulu ringkasannya dalam poin-poin berikut:

1. Menghapus Dosa

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan yang utama adalah menghapus dosa sebagaimana tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi.

Dalam hadis tersebut, sedekah dapat menghapus dosa seperti air yang memadamkan api. Bersedekah dengan ikhlas merupakan amal baik yang diridhai oleh Allah.

2. Pahala Berlipat Ganda

Berbagai amalan baik pada bulan Ramadan dapat memberikanmu pahala yang berlipat ganda. Keutamaan ini tercantum pada surat Al-Hadid ayat 18.

Perlu diketahui bahwa bersedekah saat Ramadan nilainya setara dengan 70 kali lipat dari amal yang dilakukan pada bulan lainnya.

3. Harta Menjadi Lebih Berkah

Dalam ajaran Islam, berbagi kepada sesama tidak mengurangi harta, namun menjadikannya lebih berkah.

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan ini mengacu pada surat Saba ayat 39 yang menyatakan bahwa Allah akan mengganti rezeki atas harta sedekah.

4. Membuka Pintu Kebaikan

Bersedekah di bulan Ramadan dapat membuka pintu kebaikan. Dengan kata lain, kamu akan dimudahkan untuk mencapai sesuatu yang baik.

Rasulullah pun bersabda bahwa Allah memberikan keistimewaan kepada ciptaan-Nya yang dermawan dan berakhlak mulia, namun membenci hal-hal buruk.

5. Bekal di Akhirat

Di samping berbagi kebaikan dengan orang lain, sedekah di bulan Ramadan bisa menjadi bekal di akhirat.

Menyisihkan harta atau non harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang lain adalah amal baik yang nantinya dapat menyelamatkanmu dari siksa api neraka di akhirat.

6. Menenangkan Hati

Dengan memberikan sedekah, hatimu bisa menjadi lebih tenang. Keutamaan sedekah di bulan Ramadan ini bisa didapatkan jika kamu melakukannya dengan ikhlas, tanpa penyesalan.

Perintah bersedekah untuk memberikan ketenangan hati ini tercantum pada surat Al-Munafiqun ayat 10 yang berisi anjuran infak sebagian harta yang diberikan oleh Allah sebelum kematian menjemput dan penuh penyesalan.

7. Mendatangkan Rezeki

Infak yang diberikan kepada sesama di bulan Ramadan akan diganti oleh Allah dengan rezeki lain karena sesungguhnya Allah pemberi rezeki yang terbaik sebagaimana disebutkan di surat Saba ayat 39.

8. Mencegah Maksiat

Manfaat sedekah di bulan Ramadan yang mungkin belum banyak diketahui adalah mengurangi tindak maksiat dalam kegiatan perdagangan atau jual beli.

Sedekah dapat menjadi cara untuk menghindari perbuatan maksiat yang disengaja maupun tidak saat bertransaksi dengan banyak orang.

 

Dalil lain menyebutkan bahwa Sedekah yang paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan Rasullah bersabda
Artinya: “Dari Anas dikatakan, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama? Rasul menjawab, “Sedekah di bulan Ramadhan” (HR At-Tirmidzi).

 

Berbagi  di bulan ramadhan mempunyai arti secara luas yakni ikut serta dalam menyalurkan bantuan yang terhimpun sehingga orang yang memerlukan sangat merasakan bantuan tersebut.
Dalam berbagi berkah di bulan Ramadhan, kita juga diajarkan untuk melakukan kebaikan dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Dalam berbagi, kita tidak hanya membantu sesama yang membutuhkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi diri sendiri dengan merasakan kebahagiaan dan kepuasan batin yang tak ternilai harganya

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR