Rabu, 19 Jun 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

PELATIHAN JURNALISTIK SISWA SMK NEGERI 1 SINGKAWANG TAHUN 2023

Jum’at, (8 /12/2023) Sebanyak 15 siswa SMK Negeri Singkawang, kota Singkawang, dikenalkan dunia jurnalistik melalui pelatihan Jurnalistik Praktis yang bertema “Menjadi Jurnalistik Pemula Sangat Menyenangkan“. Bersama narasumber Bapak Jalaluddin, S.Pd.I M.Pd, beliau adalah seorang guru yang inspiratif dan inovatif sekaligus Humas SMKN 1 Singkawang. Kegiatan pendidikan tentang jurnalistik tersebut dibuka oleh Bapak Yudi Firman Santosa, ST.,M.T.I.,secara langsung selaku kepala sekolah, pelatihan jurnalistik berlangsung kemarin pada hari Jum’at s.d Sabtu, 8 – 9 Desember 2023 di Ruang Waka untuk hari pertama & di Ruang Lab di hari ke 2.

 

Dalam materinya Bapak Jalaluddin mengenalkan tentang pengertian dan macam jenis-jenis jurnalistik, jurnalistik cetak dan online pada media massa pada pelatihan kali ini peserta ditugas membaca Koran harian Pontianak Post. Semua siswa terlihat antusias saat diminta menyebutkan bentuk-bentuk dari media massa. Mereka mampu menyebutkan beberapa contoh media massa, mulai dari koran, majalah, tabloid, buletin dan lain-lain.

Aktivitas Anak Pengumpulan, Penulisan, dan Publikasi Berita Melalui Media

Selain itu, para siswa juga dikenalkan tentang kerja dari para jurnalis dalam mencari informasi/bahan berita dan mengolahnya menjadi sebuah berita. Kemudian mereka juga dikenalkan tentang proses pembuatan sebuah media massa, khususnya koran hingga siap diedarkan dan dibaca oleh masyarakat pada umumnya & warga SMK Negeri 1 Singkawang pada khususnya.

Dalam pelatihan, siswa juga mendapatkan materi tentang unsur penting sebuah berita yang meliputi 5W dan 1H. Setelah dikenalkan dengan tugas wartawan dan proses pembuatan berita, para siswa mendapatkan materi tentang teknik wawancara dengan narasumber. Mereka juga diajak untuk praktik langsung melakukan wawancara dengan narasumber yang ada dilokasi kegiatan, seperti layaknya seorang jurnalis yang sesungguhnya, mereka tampak antusias mewawancarai narasumber dengan pertanyaan-pertanyaan yang kritis dan inovatif.

Pembina Ekstrakurekuler Ibu Sumiati, S.Pd berharap serta berterimakasih banyak atas dukungan yang luar biasa kepada tim jurnalistik semoga tahun depannya dapat berkembang lebih baik dengan melengkapi perlengkapan yang belum tercapai selama  ini dan semoga tim jurnalistik difasilitasi dengan laptop untuk memudahkan pembuatan berita.

Sementara itu Kepala SMK Negeri Singkawang Bapak Yudi Firman Santosa, S.T.,M.T.I, sangat mengapresiasi sekali atas terlaksanakannya kegiatan tersebut, adanya pelatihan jurnalistik ini sangat memotivasi siswa agar lebih giat untuk membaca, menyimak dan menulis. Siswa juga memberikan respon yang sangat baik. Diharapkan melalui kegiatan ini muncul karya-karya siswa dalam bidang jurnalistik.

 

Post Terkait

Rapat Kenaikan Kelas
11 Jun 2024

Rapat Kenaikan Kelas

0 Komentar

KELUAR