Rabu, 19 Jun 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

Program SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan bagi SMK Negeri 1 Singkawang

Program SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan bagi SMK Negeri 1 Singkawang

Jalaluddinjauza1@gmail.com

Semenjak PROGRAM Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta pada 17 Maret 2021 lalu oleh Menteri Nadiem Makarim. Program SMK PK juga merupakan perwujudan visi Presiden Joko Widodo terkait pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Program ini bertujuan guna menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja.

Banyak sekolah merasakan manfaat dari program tersebut, salah satunya adalah SMK Negeri 1 Singkawang yang sudah beberapa kali mendapatkan program tersebut. Pada saat ini tahun 2023 SMK Negeri 1 Singkawang mendapatkan Program SMK PK Reguler lanjutan.  Pada program regular lanjutan ini lebih banyak berfokus pada pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang memiliki semangat pengimbasan serta pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK yang ada di Kota Singkawang.

Selain itu juga yang sangat berperan penting adalah Pendidikan Vokasi,  salah satu pilar penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing di dunia industri. Sejalan dengan visi SMK Negeri 1 Singkawang mewujudkan lembaga pendidikan vokasi yang unggul serta menghasilkan tamatan berkarakter profil pelajar pancasila, menyongsong puncak bonus demografi Indonesia. Dengan demikian SMK PK hadir dengan tujuan utama untuk mewujudkan pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu sehingga terjadi peningkatan kualitas dan kinerja di bidang pendidikan vokasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, program ini harus didukung dan diperkuat oleh kerja sama dan kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Selain itu, dukungan dari pemerintah daerah setempat dan perguruan tinggi vokasi juga menjadi kunci keberhasilan program ini.

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menjelaskan bahwa SMK PK bukanlah untuk menciptakan “menara gading” atau sekolah favorit yang lebih unggul dibandingkan sekolah lainnya. Sebaliknya, sekolah yang menjadi SMK PK diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kinerja dan kualitas sekolah-sekolah di sekitarnya. Dengan demikian, SMK PK diharapkan semakin relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.

Program ini tidak hanya melibatkan pemerintah daerah, tetapi juga berkoordinasi dengan perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pendidikan vokasi di Indonesia menjadi lebih terintegrasi dengan dunia industri dan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. untuk mencapai tujuan tersebut tentunya tidak mudah perlu langkah-langkah yang  tepat  agar terarah.

Adapun Langkah-Langkah dalam Program SMK Pusat Keunggulan, Program SMK PK melibatkan sejumlah langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan visi program ini:

  1. Akselerasi Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru: Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan kompetensi guru kejuruan meningkat sesuai standar dunia usaha dan dunia industri (DUDI).
  2. Kurikulum Berbasis Problem-Based Learning (PBL) dan Soft Skills: Program ini mengedepankan pembelajaran berbasis proyek/industri, pengembangan kurikulum, teaching factory, dan pengajar dari DUDI.
  3. Pelatihan Kepala Sekolah: Kepala sekolah akan menjalani pelatihan untuk memimpin perubahan di sekolah, mengelola kerja sama dengan DUDI, dan mengembangkan roadmap pengembangan SMK PK.
  4. Pengembangan Sarana dan Prasarana: Program SMK PK juga melibatkan pengembangan sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran berbasis industri.

Langkah-langkah tersebut sudah semua di laksanakan dengan baik serta lancar oleh SMK Negeri 1 Singkawang yang sangat bermanfaat bagi warga sekolah karena setelah mengikuti langkah tersebut di imbaskan kembali ke seluruh warga sekolah sehingga program bisa dirasakan dalam rangka mencapai dari program SMK PK. SMK PK adalah sebuah langkah penting dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia pada umumnya SMKN 1 serta SMK Se-Kota Singkawang pada Khususnya untuk menjadi tenaga kerja yang unggul dan kompeten di dunia industri. Melalui kerja sama aktif dengan dunia usaha dan dunia industri, program ini diharapkan dapat menciptakan lulusan SMK yang siap bersaing dan memberikan dampak positif pada kemajuan sektor industri di Indonesia. SMK Bisa SMK Hebat.

Referensi

https://smkpk.ditpsmk.net/storage/Paparan%20Sosialisasi%20SMK%20PK%202023%20-%20Skema%20Reguler%20Baru%20-%2016%20Juni%202023.pdf diakses pada 23 November 2023

https://mediaindonesia.com/humaniora/540197/meraih-manfaat-program-smk-pk-cetak-sdm-siap-kerja, diakses pada 23 November 2023

Referensi: http://smkpk.ditpsmk.net/ (laman resmi program SMK Pusat Keunggulan). diakses pada 23 November 2023

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR