Sabtu, 13 Jul 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

Rapat Penyusunan RKAS 2024 SMK Negeri 1 Singkawang

Singkawang – Sesuai dengan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS), merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP) di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Pada bulan Agustus 2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi merilis secara nasional Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) versi 4. ARKAS versi 4 merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya yaitu ARKAS versi 3 dengan tiga pilar kemudahan yaitu lebih praktis, lebih nyaman, dan lebih aman.

Melalui ARKAS, satuan pendidikan terkoneksi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota  dan Provinsi setempat dalam proses perencanaan kegiatan sekolah, rekapitulasi data, serta pertanggungjawaban pengelolaan anggaran pada setiap satuan pendidikan).

Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah adalah rencana biaya dan pendanaan program atau kegiatan untuk 1 (satu) tahun anggaran baik yang bersifat strategis ataupun rutin yang diterima dan dikelola langsung oleh sekolah. Penyusunan RKAS merupakan salah satu syarat dan alat ukur untuk dicairkannya Dana Operasional Sekolah (BOS) dan Biaya Operasional Pendidikan (BOP). Bertempat di ruang waka di SMK Negeri 1 Singkawang telah terselenggara kegiatan rapat penyusunan RKAS 2024. Kamis (01/02/2024).

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini dibuka secara langsung oleh Bapak Yudi Firman Santosa, ST.,M.T.I selaku Kepala sekolah SMK Negeri 1 Singkawang. Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Manajemen dan seluruh  Kaprog, Koord BK, BKK, Kapus,UP SMK Negeri 1 Singkawang, antara lain:

  1. Kepala Sekolah Bapak Yudi Firman Santosa, ST, M.T.I
  2. Waka Kurikulum Reza Pahlavi, ST
  3. Waka Kesiswaan Sumiyattejoro, S.Pd
  4. Waka Sarpras Hilal Safarizal, S.ST
  5. Waka Humas Jalaluddin, S.Pd.I.,M.Pd
  6. Kepala Tata Usaha  Suci Aktiva Diana, SH
  7. Kepala Program TSM, Pemesinan, TKJ, DPIB, Meka, TITL,  TKR, TAV,
  8. Bendahara Sekolah
  9. Bendahara BOS
  10. Bendahara PBP
  11. Guru Senior
  12. Ketua UP
  13. Ketua BKK
  14. Kepala Perpustakaan
  15. Koordinator BP

Dalam rapat banyak masukan saran dari beberapa jurusan yang membangun untuk mengembangkan program-program yang akan di laksanakan untuk penyusunan RKAS, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana. Sangat dimungkinkan suatu program dibiayai dengan subsidi silang dari berbagai pos atau sumber dana. Dengan adanya penyediaan dan pengelolaan Dana BOS dapat berjalan sesuai yang dibutuhkan, harus mampu dilakukan secara tertib, efektif, efisien, dan ekonomis. Dengan demikian pengunaan anggaran dapat dilaksanakan sesuai hasil rapat yang sudah ada.

Semoga dengan dilaksanaknya penyusunan RKAS secara bersama-sama dan terbuka ini berharap tidak terjadi masalah dikemudian hari karena keputusan RKAS disepakati oleh seluruh steakholder di SMK Negeri 1 Singkawang.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR