Senin, 20 Mei 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

Sosialisasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) Kepada Orangtua Peserta Didik Kelas XII

Sosialisasi PKL Kepada Orangtua Peserta Didik & Pembekalan PKL Kelas XII


Dimulai pada Hari Senin tanggal 25 September 2023 telah dilaksanakan Sosialisasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) dari pihak sekolah kepada orangtua/wali peserta didik kelas XII yang bertempat di Aula SMKN 1 Singkawang.

Maksud diundangnya orangtua peserta didik adalah untuk memberikan informasi sekaligus menyamakan persepsi untuk pemahaman mengenai pelaksanaan dan teknis PKL.

Orang tua harus mengetahui anaknya akan di tempatkan di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) mana nantinya. Di Kota Singkawang atau di luar kota, di mana tempatnya kita harus meminta persetujuan dari orangtua. Penempatan peserta PKL kita tidak memaksa. Bahkan ada yang permintaannya di luar Kalimantan sekolah berusaha memfasilitasi, pihak sekolah akan mencarikan DUDI yang ada di Luar Kalimantan. Manajemen sekolah akan mendukung sesuatu yang yang terbaik bagi para peserta didik berkolaborasi dengan orangtua.

Dalam sosialisasi moderator langsung dari Waka Humas (Bapak Jalaluddin, S.Pd.I, M.Pd), diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa, Informasi umum PKL dan arahan dari Kepala Sekolah Bapak Yudi Firman Santosa, S.T.,M.T.I, kemudian Materi Peran orang tua peserta didik dari Bapak Reza Pahlavi, S.T. (Waka Kurikulum) SMKN 1 Singkawang. Dalam pertemuan ini diadakan sesi diskusi dan tanya jawab yang memberikan dialog yang membangun antara sekolah dan orangtua peserta PKL, sehingga persamaan persepsi bahwa PKL merupakan program bersama yang harus dilaksanakan dan disukseskan.

Kegiatan selanjutnya hari Selasa, Rabu & Jum’at tanggal 26, 27 & 29 September 2023 adalah pembekalan khusus bagi peserta PKL. Pembekalan adalah persiapan untuk peserta didik kelas XII menuju ke tempat DUDI. Jadi, para pesrta mengetahui bagaimana sikap dan aturan yang harus dilakukan serta dipatuhi di tempat DUDI.

Harapan Kelompok Kerja (POKJA) PKL  untuk orangtua peserta didik agar bisa mendukung anaknya untuk PKL, bisa memberikan motivasi dan memberikan semangat agar pelaksanaan PKL bisa berjalan dengan lancar. Karena tanpa orangtua/wali usaha yang dilakukan tentu tidak berjalan optimal.

Harapan kepada peserta PKL, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya, semakin menunjukkan aktualitas kita, semakin menunjukkan bahwa kita adalah generasi bangsa yang bisa dipertanggung jawabkan.

Dalam rangka kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang merupakan bagian dari pembelajaran siswa SMK, maka SMKN 1 Singkawang melaksanakan sosialisasi program tersebut baik terhadap orangtua peserta didik juga kepada peserta didik kelas XII yang akan dimulai pada awal Oktober 2023 dan berakhir Maret 2024.

Acara ini dihadiri oleh 283 orang tua/wali peserta didik kelas XII SMKN 1 Singkawang yang terdiri dari 9 konsentrasi keahlian. Jumlah DUDI yang terlibat pada PKL kali ini adalah 125 DU/DI. Waktu pelaksanaan PKL tahap 1 akan diadakan mulai 2 Oktober 2023 sampai dengan 31 Desember 2023 untuk dilakukan evaluasi dan dilanjutkan Tahap 2, 02 Januari 2024 s.d 30 Maret 2024, sehingga total PKL adalah 6 bulan.

Semoga SMK Negeri 1 Singkawang dengan motonya, Disiplin, Bertanggung Jawab, Harmonis dan Bahagia dapat tercermin dari program-program yang mendukung tercapainya Visi dan Misi sekolah.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR