Sabtu, 13 Jul 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

Upacara Pembukaan Kemah Orientasi Tamu Ambalan

Jum’at (17/11/2023) SMK Negeri 1 Singkawang mengadakan acara pembukaan perkemahan tamu ambalan dalam sambutan nya Kepala Sekolah SMKN 1 Singkawang menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah Menarik minat siswa/i dalam ekstra kulikuler Pramuka, Memberikan penjelasan tentang struktur ambalan, Memperdalam wawasan siswa/i tentang kepramukaan, serta Menanam nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma dan Tri Satya. Selain itu juga Penerimaan Tamu Ambalan merupakan kegiatan bagi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak serta untuk lebih mengenalkan kegiatan Pramuka di SMKN 1 Singkawang.

 

Penerimaan Tamu Ambalan merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan khusus dengan tujuan melantik sekaligus menerima calon Tamu Ambalan yang berpangkalan di Gugus Depan. Adapun tugas utama seorang resepsionis meliputi menerima tamu dengan ramah, memberikan informasi yang diperlukan, mengarahkan tamu ke tempat yang diinginkan, menjawab panggilan telepon, dan melakukan tugas administratif seperti pengelolaan jadwal, pemesanan, dan pemrosesan dokumen.

Dalam Kegiatan Ini hadir Babinsa Singkawang Barat, Komite Sekolah, Wali Kelas serta wakil kepala Sekolah.  Harapan dari kegiatan ini agar untuk memudahkan penghimpunan, pengelolaan, penggerakan dan pengarahan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka Penegak untuk mencapai tujuannya. Sejalan dengan itu Dikutip dari buku Pendidikan Kepramukaan Berbasis Saintifik (2020) oleh Paulus Rah Adi Pawitra, Dewan Ambalan juga memiliki beberapa tugas, antara lain Merancang dan melaksanakan program kegiatan, Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan, Merekrut anggota baru, Membantu sangga dalam mengintegrasikan anggota baru dalam sangga.

Penulis adalah Jalaluddin, S.Pd.I.,M.Pd (Guru Agama Islam SMKN 1 Singkawang)

Editor Humas SMKN 1 Singkawang

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR