Minggu, 19 Mei 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

Upacara Rutin Hari Senin SMKN 1 Singkawang

Singkawang, 22 April 2024 Kegiatan Rutin SMKN 1 Singkawang setiap hari senin adalah melaksanakan upacara bendera, dalam kegiatan kali ini yang menjadi pembina Upacara yaitu Kepala Sekolah Bapak Yudi Firman Santosa, ST.,M.T.I. dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan beberapa pesan diantaranya beberapa kutipan diantaranya

Sebuah kata mutiara dari seorang Filsuf Romawi bernama Seneca “luck is what happened preparation meets opportunity” (keberuntungan terjadi ketika persiapan bertemu dengan kesempatan)
Dari kutipan tersebut mengandung makna, keberuntungan seseorang itu memerlukan upaya dan proses yang harus selalu berpikir positif, menyiapkan diri sebaik-baiknya dan siap ketika kesempatan itu tiba. Maka jika kita amati kehidupan orang beruntung atau sukses itu umumnya melalui proses yang panjang, berliku, jatuh dan bangun, orang beruntung di dunia ini umumnya dilihat adalah ketika mereka sudah sukses, tetapi jarang ditanya apa saja perjuangan yang telah mereka lakukan, apa yang telah mereka jalani dan siapkan sebelumnya, tentu orang dengan pikiran positif akan memiliki sikap mental yang baik, tidak berputus asa menjadikan suatu masalah atau kendala dengan mengubahnya menjadi sebuah tantangan menarik untuk meraih keberhasilan di masa depan.

Kita berterima kasih kepada Ibu R.A. Kartini, berdasarkan Keputusan Presiden No. 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964 Tanggal 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini. Ibu R.A. Kartini memiliki cita-cita ingin melihat perempuan (perempuan pribumi) dapat menuntut ilmu dan belajar, maka dari itu beliau banyak memberikan perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita. Lahir di Jepara, Jawa Tengah, Tanggal 21 April 1879 (145 tahun yang lalu), walaupun wafat dalam usia yang relatif muda, kontribusinya sebagai perempuan yang mampu memperjuangan hak dan kewajiban perempuan Indonesia dapat dirasakan perempuan Indonesia sampai hari ini. Kita semua lahir dari seorang Ibu, Kita tentu sangat mengasihi Ibu kita, oleh sebab itu siswa/i tunjukkanlah sebagai pelajar Pancasila bagaimana kepercayaan Ibu agar anak-anaknya dapat meraih keberuntungan atau kesuksesan itu dengan cara belajar sungguh-sungguh, bahkan saat ini tidak hanya laki-laki, sudah cukup banyak perempuan yang menjadi pemimpin.

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar termasuk orang yang beruntung ? Akronim DREAM merupakan bagian dari upaya untuk menggapai keberuntungan. D adalah disiplin, R adalah Religius, E adalah Empati, A adalah Aktif, dan M adalah Mandiri.

Disiplin itu ada upaya kita untuk bersabar dan mematuhi hak dan kewajiban, dan bersifat kontinu dan seperti motivasi yang terus menerus dijaga, jika sudah disiplin maka akan menjadi karakter yang kuat.

Religius patuh kepada Tuhan yang Maha Esa, sebagai patokan penting dalam segala kegiatan merupakan upaya ibadah agar kehidupan tenang dan damai.

Empati itu rasa peduli terhadap kondisi, seperti lingkungan, teman-teman, dan juga pasti masyarakat maupun di sekolah dll

Aktif Ini mencakup kegiatan fisik dan mental yang melibatkan partisipasi aktif dan bergerak ke arah tujuan atau pencapaian tertentu.

Mandiri Ini berarti memiliki kemampuan untuk bertindak dan membuat keputusan secara independen, mempunyai rasa tanggung jawab dan,tanpa terlalu banyak bergantung pada orang lain.

Dari pesan tersebut diharapkan menjadi inspirasi bagi peserta didik SMKN 1 Singkawang agar lebih aktif berpikir, berperilaku dan bertindak positif untuk masa depan yang cerah agar benar-benar menjadi mimpi yang nyata. Dream Comes True

Penulis:Rio

Editor: Sumiati

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR