Rabu, 19 Jun 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

Urgensi Kenaikan kelas Kurikulum Merdeka

Tahun Pelajaran 2023/2024  tinggal beberapa hari lagi akan selesai seluruh satuan pendidikan berbagai daerah dari mulai TK, Sampai dengan Sekolah menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) melakukan rapat Evaluasi pembelajaran yang dilakukan selama satu tahun serta mencari strategi pembelajaran tahun pelajaran yang baru 2024/2025 dengan adanya evaluasi dan strategi harapan agar pembelajaran lebih baik. Akhir dari pembelajaran yang menjadi momen penting adalah Kenaikan Kelas. Dalam kurikulum merdeka harus diperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan kenaikan kelas dalam Kurikulum Merdeka diantaranya adalah Capaian Kompetensi yaitu Faktor utama yang menentukan kenaikan kelas adalah capaian kompetensi siswa. Jika siswa telah mencapai semua kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum, maka mereka akan naik kelas. Jika siswa tidak mencapai maka akan diberikan pembelajaran remedial untuk membantu mereka mencapai kompetensi tersebut. Keberhasilan siswa dalam pembelajaran remedial akan menjadi pertimbangan dalam keputusan kenaikan kelas. Faktor selanjutnya yanag harus menjadi pertimbangan yaitu perkembangan karakter siswa juga menjadi pertimbangan dalam keputusan kenaikan kelas. Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya pengembangan karakter siswa, seperti kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan bekerja sama.

Dengan mengetahui beberapa faktor utama kenaikan kelas satuan pendidikan harus mempertimbangkan beberapa hal diantaranya dalam menentukan kenaikan kelas adalah evaluasi peserta didik selama dua semester, dari kehadiran atau keikut sertaan peserta didik dalam proses belajar di kelas, ketercapaian nilai peserta didik dalam penilaian sumatif, perilaku siswa di kelas dan di luar kelas, hingga kontribusi dan prestasi.  Selain itu juga Kenaikan kelas ditentukan karena terpenuhinya ketercapain tujuan pembelajaran yang telah disusun dari awal. Penilaian yang digunakan dalam menentukan kriteria kenaikan kelas sendiri meliputi penilaian formatif dan sumatif dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar siswa setelah dibandingkan dengan ketercapaian tujuan pembelajaran.   Dengan demikian, melalui penggunaan fase pada kurikulum merdeka dapat dijadikan sebagai pertimbangan tujuan pembelajaran yang akan dicapai,sehingga peserta didik dapat menguasai kompetensi sesuai dengan dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka yang tentunya sesuai.  Sementara itu  Reza Pahlavi, ST  waka kurikulum SMKN 1 Singkawang dalam rapat kenaikan kelas SMKN 1 Singkawang pada hari  selasa tanggal 11 juni 2024 menjelaskan bahwa Kelas XI Wajib harus naik kelas XII karena satu Fase, dengan alasan materi pelajaran. Siswa yang di naikan di berikan Assesmen awal untuk mengidentifikasi harus naik tidak perlu tinggal kelas.

Sebagai Kesimpulan  kebijakan kenaikan kelas dapat mengalami perubahan di masa depan dengan melihat tujuan utama Kurikulum Merdeka yaitu untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih berpusat pada siswa, mendorong pencapaian kompetensi, dan mengembangkan karakter siswa secara holistik. Dengan demikian, diharapkan setiap siswa dapat mencapai potensi terbaiknya dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Inti dari Urgensi dari Kurikulum merdeka adalah Siswa Harus Naik Kelas

Penulis Sumiati

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR