Minggu, 19 Mei 2024
  • MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN VOKASI YANG UNGGUL SERTA MENGHASILKAN TAMATAN BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA, MENYONGSONG PUNCAK BONUS DEMOGRAFI INDONESIA

Workshop Peningkatan Kapabilitas GTK : Pembelajaran yang Menyenangkan

Selasa (21/11/2023)- Workshop Peningkatan Kapabilitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) memasuki hari kedua pelaksanaan. Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB ini diadakan di Aula SMK Negeri 1 Singkawang, tempat yang dipilih untuk memfasilitasi para peserta dalam mendapatkan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif &  menyenangkan. sejalan dengan itu dalam sambutan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Singkawang menyampaikan untuk menjadi guru yang berwawasan luas harus disiplin, sehingga menjadi contoh bagi murid. selain itu juga guru harus meningkatkan penguatan proses pembelajaran dengan melaksanakan supervisi oleh kepala Sekolah serta penguatan tugas-tugas tendik yang berada di SMKN 1 Singkawang.

Peserta workshop antusias menyambut materi yang disajikan, karena tema tersebut sangat relevan dengan tantangan dalam dunia pendidikan saat ini. Pembelajaran yang menyenangkan diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar dan menghasilkan hasil pembelajaran yang lebih optimal.

Narasumber pada hari kedua ini adalah waka Kurikulum bapak Reza Pahlavi, ST. Dengan pengalaman dan keahliannya, menelaah kurikulum merdeka dengan menyusun kurikulum operasional di satuan pendidikan SMK Negeri 1 Singkawang  dengan harapan agar perlu masukan dari rekan rekan guru untuk penyusunan kos ke depannya agar pelaksanaan pembelajaran berikutnya lebih mudah untuk dilaksanakan

Pada workshop ini, peserta diajak untuk terlibat aktif dalam diskusi dan berbagai kegiatan praktis yang dirancang untuk mempelajari Prinsip pengembangan KOSP, Karekteristik, Visi, Misi dan Tujuan, Pengorganisasian pembelajaran, Struktur kurikulum, Program pendukung, Strategi Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar serta pengembangan Profesional dalam rangka meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Bapak Reza Pahlavi, ST memberikan metode dan strategi yang inovatif guna menciptakan worksop yang menarik dan memotivasi para peserta.

Selain itu, diskusi interaktif antara narasumber dan peserta workshop turut memperkaya pemahaman akan tantangan dan solusi dalam implementasi pembelajaran yang menyenangkan di berbagai tingkatan pendidikan.

Kepala Sekolah yang juga menjadi narasumber Workshop Peningkatan Kapabilitas GTK ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMKN 1 Singkawang. Acara akan terus berlanjut dengan sesi-sesi berikutnya yang akan membahas aspek-aspek penting lainnya dalam peningkatan kapabilitas GTK.

Semua peserta diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari workshop ini dalam praktik baik terutama tertib administrasi, sehingga tercipta suasana yang kondusif dan memberikan dampak positif bagi seluruh warga sekolah dan peserta didik.

Penulis : Jalaluddin, Guru Pendidikan Agama Islam  SMKN 1 Singkawang

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR